19 April 2024
Part 3,  jalin silaturahmi dan kekompakan antara mahasiswa baru 2020, pendidikan bahasa arab mengadakan acara )  أكل معا  makan-makan) dan نقاش (diskusi)

Part 3, jalin silaturahmi dan kekompakan antara mahasiswa baru 2020, pendidikan bahasa arab mengadakan acara )  أكل معا  makan-makan) dan نقاش (diskusi)

jalinan silaturahmi dan kekompakan antara mahasiswa, pendidikan bahasa arab mengadakan acara ) أكل معا makan-makan) dan نقاش (diskusi) menjadi kampus yang mengantarkan mahasiswanya sebagai manusia berhati religius, berkualitas, intelektual, toleran serta bermanfaat bagi masyarakat. Berbagai macam jurusan telah disediakan di institut Agama Islam Sunan Kalijogo, salah satunya ialah jurusan unggulan Pendidikan Bahasa Arab (PBA).

Pendidikan bahasa arab memberikan kompetensi mencetak tenaga pendidikan yang professional dengan sistem pembelajaran yang disiplin dan sistematis meliputi empat maharah (keterampilan) yaitu: maharah qiraah (keterampilan membaca), maharah kitabah (keterampilan menulis), maharah istima’ (keterampilan menyimak) dan maharah kalam (keterampilan berbicara). Juga mampu menyaring semua problematika pendidikan, hingga Pengelola Pendidikan Islam. Prodi PBA telah mendapatkan akreditasi BAN-PT dengan SK Nomor: 032/BAN-PT/Ak-XV/S1/X/2012. Prodi PBA telah meluluskan angkatan pertama sejak tahun 2011.

Lulusannya telah banyak berkiprah di Masyarakat. Tidak hanya itu, pendidikan bahasa arab Institut Agama Islam Sunan Kalijogo satu-satunya jurusan yang memiliki dosen linier bahasa arab dengan latar belakang pendidikan Doktor (DR) Magister Pendidikan (M.Pd), Magister Pendidikan Islam (M.Pd.I). Pendidikan bahasa arab menawarkan rospek Karir Lulusan seperti: Guru (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK), Dosen, Guide, Penerjemah dan Editor Buku, Pemandu Wisata Religi, Pembimbing Umroh dan Haji, Akademisi dan peneliti di bidang kajian khasanah pemikiran pendidikan Islam.
Penerimaan mahasiswa baru di kampus IAI Sunan Kalijogo Malang sudah terlaksana dan terstruktur dengan baik. Ospek kampus yang disebut dengan Pelita Maba juga sudah terlaksana dengan baik. Sehingga untuk menyambut mahasiswa baru pendidikan bahasa arab mengadakan orientasi jurusan dengan dua rangkaian acara yaitu sosialisasi orientasi jurusan dan lomba-lomba dengan tujuan menjalin silaturahmi dan kerja sama antara mahasiswa baru dengan kakak tingkat dan menumbuhkan sikap ramah tamah pada sesama.Diantara jenis perlombaanya, prodi pendidikan bahasa arab mengadakan tiga jenis perlombaan yaitu: sarung estafet, one kardus ma’an dan air estafet.
Kegiatan ospek jurusan pendidikan bahasa arab tidak berakhir hanya pada perlomabaan.

Untuk mewujudkan jalinan silaturahmi dan kekompakan antara mahasiswa, pendidikan bahasa arab mengadakan acara ) أكل معا makan-makan) dan نقاش (diskusi). Dan hasil dari diskusi ini himaprodi PBA mendapat hasil untuk mengadakan acara mingguan yaitu ziarah makan Al-Maghfurlah KH. Nur Salim, acara bulanan yaitu kelompok belajar bahasa arab dan acara tahunan yaitu bulan bahasa (Syahrul ‘Arabi). Hal ini ditujukan untuk menjadikan pusat pengembangan kreatif dan inovatif mahasiswa pendidikan bahasa arab menjadi lebih baik untuk kedepannya.

8 thoughts on “Part 3, jalin silaturahmi dan kekompakan antara mahasiswa baru 2020, pendidikan bahasa arab mengadakan acara )  أكل معا  makan-makan) dan نقاش (diskusi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Home