20 April 2024
KULIAH UMUM PROF.Dr. H. IMAM SPRAYOGO

KULIAH UMUM PROF.Dr. H. IMAM SPRAYOGO

Prof.Dr. H. Imam Sprayogo yang merupakan pembina Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang memberi kuliah umum kepada mahasiswa Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang, Jum’at, 06/12/19 di Institut Agama Islam Sunankalijogo. Pada kesempatan tersebut Prof. Imam menyampaikan materi terntang meneguhkan kampus IAI SKJ Malang sebagai pengembangan Islam moderat dan pusat kajian ilmu pengetahuan.

Prof. Imam memberikan masukan terkait tema yang dituliskan, bahwa baikhya Islam moderat harus didahulukan lalu pusat kajian ilmu pengetahuan karena IAI SKJ Malang ini sebagai pusat pengembangan Islam moderat. Sebagaimana 124.313 Nabi dipimpin baginda Rasul, maka Islam lebih dipentingkan daripada ilmu pengetahuan. Karena bukan hanya dunia tapi persiapan akhirat juga penting. Para mahasiswa diharapkan nantinya menjadi alumni yang bermanfaat bagi dunia, Selain itu juga mampu mewujudkan umat Islam yang bersatu.

Hakikatnya manusia tidak mau kelintasan karena didalam diri manusia ada angin, tidak mau kerendahan karena di dalam dirinya ada air, tidak mau kekurangan karena itu tanah, tidak mau kalah karena didalam diri itu ada api. Maka agar akhlaknya bagus seperti yang ada dalam Al-Qur’an maka manusia perlu “Niat” yaitu niat untuk menjadi baik dan “Sholat” agar tidak berbuat keji, jelasnya.

Prof. Imam menambahkan, Sholat yang bisa merubah adalah Sholat yang khusuk yaitu Sholat yang sudah bertemu Allah. Caranya adalah merasa berada ditempat pertemuan (Baitullah) dan tempat ini adalah tempat yang Mulia di semua kitab suci menyebutkan ini hanya saja namanya berbeda. Yang berada disana adalah hati kita, karena yang harus diingat adalah tempat itu agar bertemu Allah.

Mahasiswa berada disini bukan hanya untuk mempersiapkan ilmu pengetahuan, tetapi juga ilmu akhirat. Sehingga mahasiswa memiliki ilmu yang bermanfaat bagi dunia dan akhirat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Home