Doktor ke-4 Dosen IAI Sunan Kalijogo Malang menuju Tridharma Perguruan Tinggi

MALANG, IAI SKJ MALANG
Selasa, 19 Januari 2021



Dosen sekaligus Kaprodi PBA Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang, dinyatakan lulus Program Doktor Pendidikan Bahasa Arab di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan predikat Cumlaude. Setelah menyelesaikan dan mempertahankan disertasi berjudul Pengembangan Media Pembelajaran Kahoot dengan pendekatan Digital Learning dalam pembelajaran Keterampilan Menyimak , Selasa (19/1).

Disertasi ini mengangkat topik tentang bagaimana seorang pengajar Bahasa Arab dalam menghadapi era digital 4.0 dan bagaimana cara yang efektif dalam mengembangakan media pembelajaran berbasis Digital. Penelitian ini berdasarkan pengalaman promovenda dalam mengajar keterampilan menyimak. Dan mencari solusi bagaimana agar pembelajaran keterampilan Menyimak disajikan secara menarik.
Hasil analisis dalam disertasinya ditemukan tentang empat hal, yakni: 1) Fakta dilapangan tentang pembelajaran Keterampilan Menyimak Bahasa Arab, 2) Proses mengembangkan dan mendesign media pembelajaran berbasis Kahoot, 3) Strategi pembelajaran keterampilan menyimak Bahasa Arab berbasis Digital, dan 4) Hasil Penggunaan Media Pembelajaran Kahoot berbasis digital dalam pembelajaran keterampilan menyimak Bahasa Arab.

“Media dan perkembangan teknologi pembelajaran, semaju apapun tidak akan pernah bias menggantikan peran dari pengajar itu sendiri, namun Pengajar yang hebat adalah pengajar yang mampu mengikuti era dimana anak didiknya memiliki pola hidup di era tersebut” ucapnya.
Didampingi promotor Prof. Dr. H. Imam Asrori, M.Pd (Guru Besar Universitas Negeri Malang dan Ketua Ikatan Dosen Bahasa Arab se-Indonesia) dan co-promotor Dr. Umi Mahmudah, M.Pd (Dosen UIN Maliki Malang dan Pengasuh Pon Pes Putri Al-Islah Gading), menurut beliau promovenda ini memiliki motivasi yang tinggi dalam menyelesaikan Desertasi. Terbukti dengan suatu hal yang membuat promovenda ini harus kembali merombak judul, objek penelitian dan produk yang sudah dihasilkan. Namun tak membuatnya putus asa. Tapi ia segera bangkit dan terus melangkah hingga titik promosi Doktoral dan pengukuhannya.
“Harapan saya, semoga saya sedikit bisa memberikan inspirasi dan motivasi bagi Dosen dan mahasiswa IAI Sunan Kalijogo Malang untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Dan Semoga IAI Sunan Kalijogo Malang semakin berkembang dan maju, Mencetak generasi professional dan handal berwawasan Washatiyah an -Nahdliyah. Dan saya juga berdoa semoga IAI Sunan Kalijogo Malang menjadi salah satu pusat Literasi Ke-NUan tingkat Nasional bahkan Internasional,” imbuh Kaprodi PBA IAI Sunan Kalijogo Malang.

Author : AdM

2 thoughts on “Doktor ke-4 Dosen IAI Sunan Kalijogo Malang menuju Tridharma Perguruan Tinggi

  1. M Ismail zainudin says:

    Selamat atas keberhasilan Bu kaprodi PBA tercinta atas pendidikan S3 nya.
    Semoga menjadi berkah yang menular pada para mahasiswa.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.