27 Agustus 2025
Peningkatan Mutu Akademik melalui Workshop Penyusunan RPS Berbasis Outcome Based Education (OBE) di IAI Sunan Kalijogo Malang

Peningkatan Mutu Akademik melalui Workshop Penyusunan RPS Berbasis Outcome Based Education (OBE) di IAI Sunan Kalijogo Malang

Kegiatan Workshop Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Berbasis Outcome Based Education (OBE): Dari Teori ke Aplikasi diselenggarakan sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran di lingkungan IAI Sunan Kalijogo Malang. Workshop ini bertujuan memberikan pemahaman mendalam kepada para dosen mengenai konsep dan implementasi OBE yang menekankan capaian pembelajaran mahasiswa, bukan hanya pada penyampaian materi kuliah. Dengan pendekatan ini, setiap mata kuliah diharapkan mampu mengarahkan mahasiswa untuk menguasai kompetensi yang terukur, relevan, dan sesuai dengan kebutuhan dunia akademik maupun dunia kerja.

Dosen memberikan pemaparan materi dan bimbingan langsung kepada peserta dalam penyusunan RPS berbasis Outcome Based Education (OBE).”

Dalam pelaksanaannya, workshop diawali dengan paparan materi mengenai dasar-dasar OBE, kerangka kurikulum, serta keterkaitan antara Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL), Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK), hingga indikator penilaian yang harus dituangkan dalam RPS. Peserta diajak memahami bagaimana setiap komponen RPS harus selaras dengan visi, misi, serta kebutuhan institusi. Melalui diskusi interaktif, para dosen diberi kesempatan untuk mengeksplorasi perbedaan antara perencanaan pembelajaran konvensional dan pembelajaran berbasis OBE yang lebih menekankan keterukuran capaian dan strategi pembelajaran yang inovatif.

Menariknya, dalam sesi lanjutan, workshop menghadirkan kegiatan praktik langsung berupa penyusunan draft RPS sesuai bidang keilmuan masing-masing. Peserta diarahkan untuk menyusun CPMK, indikator capaian, serta metode pembelajaran dan penilaian yang sesuai dengan karakteristik mahasiswa. Kegiatan ini tidak hanya menambah wawasan teoritis, tetapi juga memberikan pengalaman aplikatif yang dapat langsung diterapkan pada proses perkuliahan. Dengan demikian, dosen tidak hanya memahami teori OBE, tetapi juga mampu merancang perkuliahan yang lebih terukur, kreatif, dan berorientasi pada hasil belajar mahasiswa.

Dosen memperagakan teknik mengajar interaktif di depan peserta workshop

Sebagai bagian dari penguatan praktik, salah satu dosen ditunjuk untuk melakukan microteaching sebagai simulasi penerapan RPS berbasis OBE di kelas. Dalam sesi ini, dosen mempraktikkan bagaimana menyampaikan materi dengan strategi pembelajaran yang aktif, mengaitkan tujuan pembelajaran dengan aktivitas mahasiswa, serta menunjukkan instrumen penilaian yang sesuai dengan indikator capaian. Paparan ini menjadi contoh nyata bagi peserta workshop tentang bagaimana teori OBE dapat diterjemahkan secara konkret dalam kegiatan perkuliahan. Melalui microteaching ini, peserta semakin memahami bahwa keberhasilan OBE tidak hanya ditentukan oleh rancangan RPS, tetapi juga oleh keterampilan dosen dalam mengelola proses pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Home